Selasa, 20 September 2011

Semangat Kuliah


Banyak hal yang jadi tantangan, di semua tempat, di semua bidang, apalagi kampus, kuliah dan segala sesuatu yang berbau universitas. terkadang semua terjadi begitu saja di luar kendali, kadang waktu terasa begitu cepat, sering merasa dikejar-kejar deadline tugas ini itu, yang peraturannya begini dan begitu, makalah, penelitian, persentasi, resume, sampai tugas EO untuk event yang diadain organisasi.

Jika sedang capek-capeknya, helaan nafas berat pun mewakili keluhan yang dipaksa untuk tidak keluar, toh sebagai mahasiswa yang baik kita mestinya sadar hakikat keberadaan kita di dunia perkuliahan, seseorang yang sedang berproses, melewati berbagai rintangan, melalui berbagai ujian, berpapasan dengan berbagai godaan. Ya, itulah manusia - mahasiswa - memanusiakan manusia. 

Tapi langkah terbaik tak boleh terlupakan., sebuah pesan singkat yang sangat familiar, pesan yang tak mungkin tak ada, "usaha dan doa". 
usaha dengan belajar sungguh-sungguh, duduk di barisan terdepan dan mendengarkan penjelasan dosen dengan hikmat, mencatat poin-poin penting yang dijelaskan, membaca literatur terkait, membaca yang dapat menambah wawasan, diskusi dengan teman yang berkemauan sama - sukses, mengerjakan semua tugas dengan optimal, selalu hadir pada jam perkuliahan tepat waktu, ramah pada dosen dan teman-teman, mengerti pelajaran dengan baik sehingga mengerjakan soal ujian dengan lancar dan sukses tanpa kecurangan, dan berdoa semoga setiap waktu diridhoi, tiap langkah diberkahi, upaya pewujudan cita-cita pun direstui... aamiin Ya Rabbal 'Alamin..

0 komentar:

Poskan Komentar