Minggu, 29 April 2012

Sejuknya Pagar Alam Sumatera-Selatan

Indonesia negeriku tercinta yang alamnya mengindikasikan betapa negeri ini penuh berkah. Pagar Alam. Salah satu kota di provinsi Sumatera-Selatan yang letaknya di kaki gunung Dempo ini begitu memesona. Dari namanya saja kita seolah dikenalkan pada sebuah tempat yang rasa 'alam'nya begitu terasa. Pagar yang melindungi; kota yang alamnya terlindungi atau kota yang melindungi alam - bagaimanapun menerjemahkannya, kota besemah (bersih, sejuk dan ramah) ini sangat cocok bagi kita yang ingin menyegarkan kembali fikiran dan jiwa yang penat melalui hari-hari di hiruk pikuknya kota dengan debu, polusi dan kemacetan lalu lintas. Bayangkan saja, pemandangan gunung, kebun teh, sungai, air terjun dan udaranya yang sangat sejuk disajikan Tuhan di sebuah kota yang bernama Pagar Alam ini. 



Kota besemah ini letaknya sekitar 300 km dari Kota Palembang dengan waktu sekitar 7 jam berkendara melalui kondisi jalan yang relatif bagus. Jalan menuju kota yang letaknya di kaki gunung ini berliku-liku dan banyak tikungan tajam namun sangat menyenangkan dan tak kan terserang bosan. Apalagi ketika sudah sampai di villa, sumringah. Kebun teh yang hijau terbentang dengan panorama gunung, dan lampu-lampu kota yang terlihat berkelip kecil dari villa yang letaknya diatas. 



Air terjun yang biasa disebut penduduk setempat sebagai 'curup' pun ada banyakMenurut Dinas Pariwisata Pagar Alam, setidaknya ada 34 air terjun yang ada di Kota Pagar Alam.  Salah satu diantara sekian banyak air terjun itulah, Air Terjun Lematang Indah yang telah lebih dahulu dikenal. Ada juga Air Terjun Mangkok di Pematang Bango, Pagaralam Utara. Nama air terjun yang lain adalah Air Terjun Rimau, Air Terjun Kincir, Air Terjun Namling, Air Terjun Pancar, Air Terjun Cungkuh 7 Tingkat, Air Terjun Tujuh Kenangan, Air Terjun Mangkok, Air Terjun Besemah, Air Terjun Muara Tenang, Air Terjun Embun, Air Terjun Alap-Alap, Air Terjun Kasih Bunda, Air Terjun Muara Siban, Air Terjun Padu Rasa, Air Terjun Talang Keling, dan Air Terjun Talang Martam. Air terjun terbesar di Kota Pagar Alam ditemukan warga pada 2010 lalu di Dusun Muara Tenang, Kelurahan Perahu Depo, Kecamatan Pagaralam Selatan, Sumatera Selatan. Dengan tinggi 100 meter dan lebar 20 meter, air terjun itu dinamai “Ayek Kaghang”. Jaraknya sekitar 15 kilometer dari pusat kota, dan 2 kilometer dari pemukiman penduduk terdekat.
Ini gambar dari salah satu air terjun di Pagar Alam; Lematang Indah





Ada pula air terjun embun yang saat disana rasanya percikan air terasa sejuk sampai ke jiwa, basah karena percikannya sungguh dapat dinikmati dengan tenang


Dari berita pada 23 April 2012 lalu di Pagar Alam juga ditemukan Arca berbentuk manusia dan gajah ditemukan di dinding air terjun di Cawang Lama, Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan. Terletak di dekat kebun kopi, arca ditemukan dalam kondisi berselimut lumut dan tertutup air terjun. Setelah lumut dibersihkan, baru jelas bentuk arca itu mirip kepala manusia dan gajah.  Belum diketahui pasti, apakah arca tersebut adalah peninggalan Kerajaan Sriwijaya atau zaman Megalithikum. Sebelumnya, warga Pagaralam juga menemukan relik sejarah.seperti miniatur vihara yang terbuat dari marmer dan dilapisi logam. Juga ada patung prajurit, batu gong, rumah batu, batu mirip palu, dan patung gajah.  Pagaralam memang dikenal kaya warisan purbakala. Seperti dimuat situs Pemerintah Kabupaten Pagaralam, di antara temuan itu antara lain adalah lukisan purba di hutan belantara Besemah.



Dari Wikipedia dapat kita temukan bahwa Kota Pagaralam mempunyai potensi wisata yang sangat kaya, selain wisata alam, terdapat juga lokasi-lokasi purbakala. Di Kota Pagaralam ini terdapat sedikitnya 33 air terjun dan 26 situs menhir yang sudah tercatat. Obyek wisata yang terdapat di kota ini dan belum semuanya dikembangkan adalah: Batu Gong, Perkebunan teh Lereng Dempo, Sungai Lematang Indah, Air Terjun Curup Embun, Arca Manusia Purba.

Untuk urusan refreshing, Pagar Alam diakui cukup jago memanjakan jiwa dan raga yang sedang letih. Pagi hari di kebun teh misalnya, hijaunya pemandangan begitu menyegarkan mata. Dan ini benar-benar bisa diistilahkan cuci mata saat liburan singkat dengan teman-teman terdekat.




suasana di sekitar villa juga lumayan, intinya semuanya menyenangkan dan menyegarkan







dan tak salah jika kota yang terletak di Sumatera Selatan ini menjadi tempat yang direkomendasikan sebagai tempat penyegaran, pesona alamnya yang benar-benar terasa, sejuknya sampai ke jiwa.




1 komentar:

dodi anggara mengatakan...

bagus blognya
kunjungi rezkyanggara.blogspot.com

Poskan Komentar